Goa Pindul Masih Menjadi Pilihan Wisata Yang Menantang di Gunung Kidul

- 26 September 2023, 10:53 WIB
Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta
Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta /

Lintas Gunungkidul - Gunung Kidul adalah salah satu Kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan sebutan pegunungan sewu dan kabupaten seribu pantai.

Namun siapa sangka Selain terkenal dengan deretan pantai yang mempesona, Gunungkidul juga punya wisata lain, yaitu Goa Pindul. Wisata ini terletak di Desa Bejiharjo, yang kurang lebih hanya 1 jam dari Kota Jogja.

Rute termudah ke Goa Pindul adalah melalui Jl. Jogja - Wonosari sekitar 40 km. Belok kiri di Bunderan Siyono menuju Jl. Lingkar Utara. Belok kiri di perempatan Bejiharjo. Belok kiri di pertigaan Jl. Wonosari-Bejiharjo menuju Jl. Raya Pindul. Setelah tugu belok kanan lalu ikuti petunjuk.

Di wisata goa Pindul ini kita akan diajak melakukan petualangan yang mengasikkan sekaligus menegangkan yang berlangsung selama kurang lebih 45 menit, kita akan menyusuri sungai yang mengalir di dalam gua dengan ban pelampung, menyusuri sungai di gelapnya perut bumi sepanjang 300 m.

Di dalam gua ini kita juga akan disuguhkan beberapa ornamen cantik seperti batu kristal, moonmilk, serta stalaktit dan stalagmit yang indah.

Keluar dari gua, kita akan sampai di Bendungan Banyumoto yang sudah dibangun sejak jaman Belanda. Di tempat inilah biasanya para wisatawan akan uji nyali dengan cara melompat ke dalam sungai dari atas tebing.

Untuk tiket masuk goa pindul sendiri berfariasi tergantung paket mana yang akan wisatawan pilih, Mulai dari Tubing Goa Pindul, Rafting di Sungai Oya, menjelajah Goa Pindul menggunakan Jeep, dan juga tersedia Homestay untuk anda yang ingin berlama di Goa Pindul.