Mengapa PIP Anak Saya Tidak Cair Lagi? Ini Penjelasan Tentang Data Penerima PIP Kemdikbud 2024

- 10 Mei 2024, 13:00 WIB
Mengapa PIP Anak Saya Tidak Cair Lagi? Ini Penjelasan Tentang Data Penerima PIP Kemdikbud 2024
Mengapa PIP Anak Saya Tidak Cair Lagi? Ini Penjelasan Tentang Data Penerima PIP Kemdikbud 2024 /

Lintas Gunungkidul - Banyak orangtua siswa penerima PIP (Program Indonesia Pintar) yang bertanya mengapa anak mereka tidak lagi mendapatkan bantuan PIP pada tahun 2024.

Padahal pada tahun sebelumnya mereka masih menerima PIP di rekening SimPel untuk membeli kebutuhan sekolah, hal ini tentunya mengagetkan karena dana bantuan pendidikan tersebut tidak cair lagi.

Bukan hanya PIP, pertanyaan serupa juga sering dilontarkan untuk Bantuan Sosial atau Bansos jenis lainnya seperti BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), PKH (Program Keluarga Harapan), KJP Plus (Kartu Jakarta Pintar) dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bantuan 600 Ribu Telah Cair Kepada KPM, Bantuan Apakah Itu? Cek Sekarang

Terkait hal tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha Pusat dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial (Kemensos), Mardi Brilian Shaleh mengatakan bahwa data penerima Bansos bisa berubah setiap bulannya.

Karena pemerintah mengambil data Bansos berdasarkan acuan dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang terdapat pada sistem Kemensos (Kementerian Sosial).

"Data DTKS berubah sesuai dari pemerintah daerah atau juga dari individu masyarakat," katanya pada 27 Maret 2024 seperti dikutip Lintas Gunungkidul dari laman Puslapdik Kemdikbud.

Baca Juga: Bantuan 500 ribu PKH Validasi By System Cair di Wilayah Ini, Berikut Kriteria Penerima PKH by Sistem

Dirinya menambahkan bahwa pemerintah mulai dari tingkat kelurahan terus melakukan pembaharuan untuk memastikan kelayakan penerima Bansos.

Halaman:

Editor: Khoirul Dwi Santosa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah