3 Hal yang Harus Dilakukan agar PIP 2024 Cepat Cair ke Rekening Siswa, Cek Penerima di pip.kemdikbud.go.id

- 10 Mei 2024, 15:00 WIB
3 Hal yang Harus Dilakukan agar PIP 2024 Cepat Cair ke Rekening Siswa, Cek Penerima di pip.kemdikbud.go.id
3 Hal yang Harus Dilakukan agar PIP 2024 Cepat Cair ke Rekening Siswa, Cek Penerima di pip.kemdikbud.go.id /

Lintas Gunungkidul - Untuk bisa mendapatkan PIP (Program Indonesia Pintar) adalah bagi mereka yang terdaftar sebagai penerima bantuan dari Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Riset, Kebudayaan, Riset dan Teknologi).

Dalam membantu siswa sekolah yang berasal dari masyarakat kurang mampu, pemerintah memberikan akses bantuan berupa PIP yang akan dicairkan sekali setahun untuk 18,5 Juta siswa pada tahun 2024.

Pemerintah sudah menyisihkan dana yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk melancarkan program bantuan PIP sekira Rp 13 Triliun.

Baca Juga: Mengapa PIP Anak Saya Tidak Cair Lagi? Ini Penjelasan Tentang Data Penerima PIP Kemdikbud 2024

Untuk itu, bagi mereka yang terdaftar sebagai penerima PIP diharapkan mampu memanfaatkan bantuan agar bisa menunjang pendidikannya untuk bisa menyelesaikan kewajiban belajar 12 tahun.

Jumlah uang bantuan diatur dalam porsi sesuai dengan tingkat pendidikan mulai dari SD yang akan menerima Rp 450.000, SMP Rp 750.000 dan tingkat SMA akan mendapatkan Rp 1.800.000

Saat ini pencairan PIP sudah mulai dilakukan sejak April 2024, pencairan tersebut termasuk ke dalam tahap pertama yang totalnya ada tiga tahap pada tahun ini.

Baca Juga: Bantuan 600 Ribu Telah Cair Kepada KPM, Bantuan Apakah Itu? Cek Sekarang

Namun sampai saat ini banyak siswa yang belum mendapatkan bantuan tersebut, berikut tiga hal yang harus dilakukan agar siswa bisa mencairkan PIP.

Halaman:

Editor: Khoirul Dwi Santosa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah