Bantuan 400ribu Masuk Rekening Tanpa Pemberitahuan, Cek Daftar Penerima dan Cara Mencairkan Bansos BLT El Nino

- 21 Desember 2023, 08:59 WIB
Bantuan 400ribu Masuk Rekening Tanpa Pemberitahuan, Cek Daftar Penerima dan Cara Mencairkan Bansos BLT El Nino
Bantuan 400ribu Masuk Rekening Tanpa Pemberitahuan, Cek Daftar Penerima dan Cara Mencairkan Bansos BLT El Nino /

Lintas Gunungkidul - Akhir tahun 2023, pemerintah telah menyalurkan bansos Bantuan Langsung Tunai atau BLT kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino sebesar Rp 400.000 per keluarga.

Nominal tersebut adalah bansos BLT El Nino selama bulan November dan Desember 2023, rinciannya adalah Keluarga Penerima Manfaat mendapat Rp 200.000 per bulan.

Bantuan BLT El Nino diberikan kepada 18,8 juta KPM dengan total anggaran Rp 7,52 triliun yang dibagikan langsung melalui transfer Bank dan melalui Kantor Pos secara tunai.

Baca Juga: Desemeber Tinggal Beberapa Hari BPNT Belum Cair? Pastikan Anda Masih Terdaftar Sebagai Penerima Bansos Disini

Dikutip dari situs indonesia.go.id, 18,8 juta penerima manfaat adalah mereka yang sudah lebih dulu terdaftar di DTKS sebagai penerima BPNT murni dan BPNT+PKH.

Bagaimana cara masyarakat dapat mengetahui daftar penerima BLT El Nino secara online? Untuk mengetahuinya, masyarakat dapat memeriksanya melalui situs cekbansos.kemensos.go.id atau melalui aplikasi cek bansos.

Berikut adalah Langkah-langkah Memeriksa Daftar Penerima BLT El Nino Melalui Situs cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
  3. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP).
  4. Ketikkan empat huruf kode sesuai yang tertera dalam kotak kode. Jika kode huruf kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru.
  5. Setelah itu, klik "cari data". Halaman situs Kemensos akan menampilkan daftar nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah atau daerah yang Anda masukkan.
  6. Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom "Bantuan Pangan Nontunai" (BPNT) atau bantuan sembako memiliki status "ya".

Cara Mencairkan BLT El Nino:

Apabila anda pemegang Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS merah putih, maka bisa langsung melakukan pencairan di ATM Bank Himbara terdekat.

Penyaluran bansos BLT El Nino melalui transfer ke rekening KKS tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, sehingga KPM bisa langsung ke ATM untuk melakukan cek saldo secara berkala.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki KKS merah putih, penyaluran bansos BLT El Nino dilakukan melalui Kantor Pos.

Halaman:

Editor: Khoirul Dwi Santosa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini