Ternyata Ada Pinjaman Bunga Rendah Hampir Sama Dengan KUR, Simak Perbedaan KUR dengan KUM Mandiri

- 4 Desember 2023, 11:36 WIB
Perbedaan layanan KUR dengan KUM Mandiri
Perbedaan layanan KUR dengan KUM Mandiri /


Lintas Gunungkidul - Selain Kredit Usaha Rakyat (KUR) ternyata Bank Mandiri juga menyediakan layanan Kredit Usaha Mikro (KUM). Berikut ini kami rangkum perbedaan antara KUR dengan KUM Mandiri.

Perbedaan KUR dengan KUM pada dasarnya tidaklah terlalu banyak, hanya terdapat 2 point perbedaan, yaitu pada persyaratan dan juga jumlah nominal yang harus kita bayarkan tiap bulanya.

Pada garis besarnya KUR memiliki suku bunga 6% dan KUM memiliki bunga 0,99%.

Untuk selengkapnya anda dapat menyimak pafa penjelasan perbedaan KUR dengan KUM berikut ini.

Pelaksana Layanan Bank

KUR dan KUM memiliki perbedaan dalam hal pelaksana layanan, KUR merupakan program pemerintah yang dilaksanakan oleh beberapa Bank yang telah menjalin kesepakatan.

Dalam menyalurkan KUR, pemerintah juga telah membuat kesepakatan tetkait target yang harus disalurkan yaitu mencapai Tp20 triliyun pertahunya.

Adapun KUM yaitu layanan penyaluran modal yang dilaksanakan oleh masing-masing bank, yang memang sudah menjadi produk layanan Bank tersebut. Adapun aturan terkait realisasi penyaluran menyesuaikan dengan kebijakan masing - masing Bank penyelenggara.

Baca Juga: KUR Mandiri Anda Tidak Cair? Ternyata Perbedaan KUR dan Non KUR Mandiri Tidak Jauh Beda, Simak Plafon 30 Juta


Lembaga penjamin

Dalam penyaluran program KUR, pemerintah telah menunjuk melalui dua lembaga yaitu PT. Jamkrindo dan PT. Askrindo untuk berperan sebagai penjamin atas penyaluran KUR kepada pelaku UMKM.

Adapun KUM, adalah program bukan milik pemerintah, sehingga pemerintah tidak ikut dalam mekanisme penyaluran KUM.

Halaman:

Editor: Fauza Mustika Faqih

Sumber: Laman Bank Mandiri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah