PIP WAJIB TAU! Tidak Semua KPM Dapat Langsung Menerima Dana Bansos PIP Meskipun Sudah Punya Buku Rekening

- 5 Mei 2024, 08:30 WIB
/

Lintas Gunungkidul - Untuk saat ini bansos PIP (Program Indonesia Pintar) sedang dalam tahap penyaluran oleh pemerintah.

Bansos PIP merupakan bansos yang ditujukan pemerintah bagi siswa siswi yang tidak mampu untuk melanjutkan biaya pendidikan sembilan tahun.

Dalam penyaluran bansos PIP tersebut, dana bansos akan disalurkan selama satu tahun dua kali atau satu tahun satu kali dengan nominal yang berbeda beda.

Adapun untuk syarat dan kriteria utama bagi penerimanya yaitu siswa siswi yang terdaftar dalam DTKS atau juga bisa yang berasal dari keluarga KPM PKH.

Dalam penyaluran dana bansos PIP 2024 pemerintah telah resmi menaikan salah satu komponen penerimanya, yaitu bagi komponen pelajar SMA.

Sehingga dalam penyaluranya, untuk siswa SMA sederajat akan mencairkan sebesar Rp1800.000, SMP sederajat Rp750.000 Sedangkan SD sederajat Rp450.000.

Sistem penyaluranya, pemerintah menggandeng beberapa bank sebagai pelayan penyaluranya, yaitu BRI bagi siswa SD dan SMP, BNI bagi siswa SMA sederajat dan BSI bagi seluruh siswa yang berada diwilayah Aceh.

Sehingga nantinya masing masing anak akan memiliki buku rekening simPel (Simpanan Pelajar), yang digunakan sebagai saraana penerima dana bantuan.

Baca Juga: TERNYATAA!! Ada Bansos 600 Ribu Selain BPNT Yang di Salurkan Bulan Mei 2024 ini, Berikut Rincianya

Halaman:

Editor: Fauza Mustika Faqih

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah