Bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan BPNT 2024? Simak Disini Bagaiamana Cara Cek BPNT Lewat Hp

- 6 Juni 2024, 18:00 WIB
/

Lintas Gunungkidul - Bantuan Sosial Bantuan pangan non tunai (BPNT) tahap 4 untuk bulan Juni 2024 telah dicairkan di sejumlah wilayah untuk pemegang KKS bank Himbara dengan nominal Rp 400.000.

Anda dapat memeriksa apakah Anda terdaftar sebagai penerima bantuan BPNT lewat Hp dengan memeriksa daftar Nomor Induk Kependudukan (NIK) di situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Apa Saja Syarat Penerima BPNT?

Baca Juga: INFO TERBARU: Pencairan PKH dan BPNT Tahap 3 Dibagi Berdasarkan Wilayah, Ketahui Pembagian Wilayahnya

1. Anda harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah, sehingga bantuan sosial benar-benar tepat sasaran bagi masyarakat Indonesia.

2. Nama Anda harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial. DTKS menjadi referensi utama dalam penentuan penerima bantuan sosial.

3. Berdasarkan penilaian dari pemerintah desa atau kelurahan, keluarga Anda harus termasuk dalam kategori miskin. Penilaian ini berdasar pada sederet indikator seperti kondisi rumah, penghasilan, dan akses layanan dasar.

Baca Juga: Simak Informasi Kenapa BPNT Ada Yang Tidak Cair, Jika BPNT Tidak Cair Harus Lapor Kemana?

4. Anda tidak boleh memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pensiunan PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau karyawan BUMN/BUMD karena dianggap memiliki penghasilan tetap dan tunjangan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan BPNT 2024?

1. Download "Aplikasi Cek Bansos" di pada smartphone android anda. 

2. Setelah mengunduh aplikasi, buka dan buat akun baru.

Halaman:

Editor: Anharul Hidayat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini